Produktivitas, Kualitas Layanan, Reponsivitas, Responsibilitas dan Akuntabilitas pada Dinas Perhubungan Kota Dumai
Abstrak
Tujuan didirikan organisasi publik didaerah semata-mata hanya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Organisasi yang dibentuk untuk keperluan publik, dikelola dengan melakukan manajemen publik haruslah sesuai dengan tujuan filosofi organisasi itu dibentuk. Dengan tujuan melayani kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat ternyata dalam pelaksanaannya dan pengelolaannya tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Dinas Perhubungan Kota Dumai dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai organisasi publik didaerah yang mengurusi tentang perhubungan, dalam pelaksanaan kerjanya masih dirasakan belum maksimal. Adanya penelitian terdahulu tetang kinerja Dinas perhubungan yang ditemukan menjadi latar belakang penelitian ini dilakukan. Teori yang digunakan oleh teori Dwiyanto yang mengatakan ada lima faktor kinerja organisasi publik yaitu produktivitas, kualitas layanan, reponsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan menjalankan studi literatur ditahap awal yang berkaitan dengan isu yang diteliti. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan observasi, questioner, dan studi literatur. Angket disusun dan disebarkan ke 80 orang pegawai yang dijadikan sebagai responden penelitian. Hasil penelitian menyatakan bahwa Kinerja Dinas Perhubungan Kota Dumai Sangat Baik Sekali dengan skor 6144. Saran penelitian hendaknya lebih meningkatkan kinerjanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang maksimal.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Dwiyanto, A. (2021). Reformasi birokrasi publik di Indonesia. Gajah Mada University Press. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=vTMXEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=buruknya+pelayanan+yang+diberikan+oleh+birokrasi+publik&ots=vP2FGUKuo2&sig=PTzgFhs_MW9fqcOHCp4MYsX8dC4&redir_esc=y#v=onepage&q=buruknya pelayanan yang diberikan oleh birokrasi pub
Said, M. (2007). Birokrasi di Negara Birokratis. UMM Press.
Jurnal Ilmiah:
Afrizal, D. (2018). Analisis Kinerja Birokrasi Publik pada Dinas Sosial Kota Dumai. SOROT, 13(1), 53–62. doi:https://doi.org/https://doi.org/10.31258/sorot.13.1.5655
Afrizal, D., Al-Amaren, E. M., & Yusuf, I. M. (2021). the Participation of the Breeders : Regional Regulation of Dumai City Concerning Livestock and Pets. Yustisia Jurnal Hukum, 10(1), 84. https://doi.org/10.20961/yustisia.v10i1.49001
Afrizal, D., Effendi, N., & Handayani, P. (2019). Upaya Pemberian Pelayanan Publik Di Upt Puskesmas Balai Makam Kabupaten Bengkalis. Jurnal Niara, 12(1), 69–78.
Afrizal, D., & Wallang, M. (2021). Attitude on intention to use e-government in Indonesia. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 22(1), 435–441. https://doi.org/10.11591/ijeecs.v22.i1.pp435-441
Anggraini, T. (2020). Analisis Kinerja Birokrasi di Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Banyuasin (Studi Kasus: Relokasi Pasar Rakyat oleh Dinas Koperasi, UMKM, dan Pengelolaan Pasar Tahun 2016). Jurnal Wacana Kinerja, 23(1), 101–118. https://doi.org/10.31845/jwk.v23i1.169
Asmawati, I., Basuki, P., & Rifa’i, A. (2018). Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Dana Desa (Studi Pada Desa Dore Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima). E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 25(3), 2379–2401. https://doi.org/10.24843/eja.2018.v25.i03.p28
Daraba, D., & Subianto, A. B. (2018). Kinerja Dinas Ketenagakerjaan dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja Di Kota Makassar. Jurnal Ad’ministrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah Dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 5(1), 7–18. https://ojs.unm.ac.id/administrare/article/view/6491
Fatrunisah, I., Afifuddin, & Suyeno. (2021). Efektivitas Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Uji Kendaraan Bermotor (Studi Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Ende). Jurnal Respon Publik, 15(4), 30–38.
Hidayat, R. A., & Pambudi, A. (2018). Kinerja Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Rumah Tangga Miskin Melalui Program PKH di Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Adinegara, 7(1), 94–103.
Ismaesara, Nasrullah, M., & Salam, R. (2019). Kinerja Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang. Universitas Negeri Makasar.
Mahara, R. (2018). Analisis Kinerja Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Dalam Pengentasan Kekerasan Pada Anak Di Kabupaten Aceh Tengah Provinsi Aceh.
Nangoy, N. M., Lengkong, V. P. K., Uhing, Y., Kerja, P. M., Kerja, P., & Stres, D. A. N. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja, Pengalaman Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 282–291. https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.27531
Nurhasanah, D. R., & Rusli, Z. (2017). Analisis Kinerja Bidang Pengendalian Operasional (Dalops) di Dinas Perhubungan Kota Dumai. Universitas Riau.
Polihu, N. S. (2020). Akuntabilitas Kinerja Aparatur Sipil Negara ( ASN ) Di Kantor Kementerian Agama Kota Manado. Jurnal Kajian Kebijakan Dan Ilmu Administrasi Negara (JURNAL ADMINISTRO), 2(2), 25–32.
Siregar, F. Y., & Ernawaty. (2015). Pengawasan Angkutan Kota Oleh Dinas Perhubungan Kota Dumai. In Program Studi Administrasi Negara FISIP. http://www.elsevier.com/locate/scp
Suryono, A. (2020). Kebijakan grand design reformasi birokrasi 2010-2025 dalam penataan organisasi dan tata laksana. Publisia: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 5(1), 1–20. https://doi.org/10.26905/pjiap.v5i1.4027
Tamaka, P. (2021). Kinerja Aparatur Sipil Negara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sulawesi Utara Dalam Pelayanan Publik. Journal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 7(1), 111–122.
Wahyuni, T. (2020). Memperkuat Responsivitas Penyelenggaraan Paten Di Kecamatan Samarinda Ulu. Jurnal Administrative Reform, 8(2), 69–84.
Yuwono, T. (2008). Menggagas Kinerja Birokrasi Publik. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen PNS, 2(1), 1–10.
Copyright (c) 2021 Dedy Afrizal, Dini Anisa, Mohid Khaliq, Deny Yusrizal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.