PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PENGRAJIN ABON DAGING KUDA MEREK “JEKA” OLEH SANGGAR BELAJAR PANRITA DI KABUPATEN JENEPONTO

  • Suaib Ibrahim Institut Pemerintahan Dalam Negeri Kampus Sulawesi Selatan
  • Aryulhandy Nur Zulhijjah Institut Pemerintahan Dalam Negeri Kampus Sulawesi Selatan
Keywords: Pemberdayaan, pengrajin abon kuda merek “Jeka”, sanggar belajar panrita

Abstract

Pemberdayaan masyarakat yang diIakukan oleh komunitas Sanggar Belajar Panrita pada kegiatan usaha Abon daging Kuda. kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan lingkup operasional  pembuatan abon yang bersumber dari daging kuda. Sumber data kajian ini adalah masyarakat pengrajin abon daging kuda yang bermerek “Jeka”  Analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil lebih menekankan makna generalisasi. Metode deskriptif digunakan sebagai metode yang yang bertujuan melukiskan atau menggambarkan keadaan di lapangan secara sistematis terhadap fakta-fakta dengan interpretasi yang tepat dan data yang saling berhubungan, serta mencari kebenaran mutlak dan juga pada hakekatnya mencari pemahaman observasi. Hasil kajian diperoleh bahwa abon daging kuda merek “Jeka”, biasanya abon daging kuda dipasarkan melalui media sosial yang dimiliki oleh pengrajin. Dalam rangka pemberdayaan tersebut maka ada empau (4) bentuk pemberdayaan yang dilakukan guna meningkatkan usaha Abon daging kuda merek “Jeka” tersebut yaitu Bina manusia, bina usaha, bina lingkungan, dan bina kelembagaan melalui Usaha Sanggar Belajar Panrita dengan berbagai kekurangan dan kebutuhan pengembangan usaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku:
Abdul Chaliq, 2011. Manajemen Haji dan Wisata Religi. Jakarta: Mitra Cendekia
Abdurrahmat Fathoni, 2011. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT.Rineka Cipta
A Muri Yusuf, 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana
Akhmadi (2009) Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Anoraga, P. (2007) Pengantar Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.
Dr. J. R. Raco, ME., M.S. (2010) Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakter, dan Keunggulannya. Jakarta: PT Grasindo.
Hadiyanti, P. (2008) ‘STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KETERAMPILAN PRODUKTIF DI PKBM RAWASARI, JAKARTA TIMUR’, Perspektif Ilmu Pendidikan, 17(IX), pp. 90–99. Available at: https://doi.org/10.21009/pip.171.10.
Isbandi (2008) Intervensi Komunitas dan Pengembangan Masyarakat: Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Mardikanto, Totok Poerwoko, Soebiato, 2019. Pemberdayaan masyarakat : Dalam perspektif kebijakan publik. Bandung : Alfabeta
Moleong, 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nazir, Moh, 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Patilima, Hamid, 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Moleong (2014) Metode Penelitian Kualitatif. Edited by R. Rosdakarya. Bandung.
Suaib (2017) Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Makassar.
Sugiyono (2017a) Memahami Penelitian Kualitatif. ALFABETA.
Sugiyono (2017b) Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA.
Suharto, E. (2009) Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial & Pekerjaan Sosial, PT Refika Aditama. Bandung: PT. Refika Aditama.
Jurnal & Karya Ilmiah
Sugianto. (2016) ‘Development of a Partnership-Based Tourism Village in Koloray Village, Pulau Regency’, Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 10(2), pp. 155–174.
Kesi Widjajanti. (2011) ‘Model Pemberdayaan Masyarakat’, Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi dan Pembangunan, 12(1), 27–40.
Abdul, Malik. 2017. ‘Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal melalui Pemberdayaan Masyarakat’. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment Volume 1 (1): 87-101
Afrilia, Ria. 2018. Pemberdayaan Masyarakat Pengrajin Tenun Songket Di Desa Kampung Panjang Kecamatan Telawi Oleh Dinas Perindustrian Kabupaten Batubara. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
As-Syidqi, D. 2022. Pemberdayaan Petani Lada Melalui Bumdesma Mitra Lada Bersatu Di Kecamatan Airgegas Kabupaten Bangka Selatan.
Rapini, T., Kristiyana, N., Santoso, A., & Setyawan, F. 2020. Strategi pengembangan produk jipang berbasiskan pelatihan manajemen usaha dan pemasaran yang kreatif. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 1(1), 12–18.
Murtyoso, Cahyo, H., 2015. “Pemberdayaan Usaha Mikro dan Kecil Berbasis Komunitas”, Jurnal Wahana Bhakti Praja, Vol. 5 (1), Sumedang: Institut Pemerintahan Dalam Negeri http://ejournal.ipdn.ac.id/JIWBP
Sukarna Wiranta, 2005, Pengembangan Usaha Mikro dalam Upaya Memperkuat Ekonomi Domestik, Manajemen Usahawan Indonesia, no.2/ TH.XXXVI Februari 2005. http://lib.ui.ac.id/detail.jsp?id=69483
Undang-Undang
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan
Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja
Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
Peraturan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Nomor 7 tahun 2019 tentang Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil
Published
2023-06-12
How to Cite
Ibrahim, S., & Zulhijjah, A. (2023). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PENGRAJIN ABON DAGING KUDA MEREK “JEKA” OLEH SANGGAR BELAJAR PANRITA DI KABUPATEN JENEPONTO. Jurnal Pallangga Praja (JPP), 5(1), 75-84. https://doi.org/10.61076/jpp.v5i1.3433
Section
Articles