Netralitas Aparatur Sipil Negara Pada Pemilukada 2024 di Kabupaten Lombok Tengah
Kata Kunci:
Netralitas Aparatur Sipil Negara, Pemilihan Kepala Daerah, Lombok TengahAbstrak
Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan prinsip dasar yang harus dijunjung tinggi dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara, khususnya pada Dinas Sosial Kabupaten Lombok Tengah, dalam Pemilihan Kepala Daerah 2024. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian bahwa Netralitas Aparatur Sipil Negara pada Pemilihan Kepala Daerah 2024 di Kabupaten Lombok Tengah mengindikasikan dinamika politik yang sangat kuat berafiliasi pada pasangan calon pertahana.
Unduhan
Referensi
AntaraNTB. (2024).Bawaslu Lombok Tengah Tangani 13 Kasus Pelanggaran Pada Pemilu 2024. Diakses pada laman https://mataram.antaranews.com/berita/319188/
Chatun, S., (2022). Netralitas Birokrasi: Menjernihkan Pola Hubungan Pemerintah dan Birokrasi. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(10), 3851-3858. DOI: https://doi.org/10.55927/mudima.v2i10.1617
DetikBali. (2024). Bawaslu Tuding KPU Lombok Tengah Tak Transparan soal Akses Informasi Paslon. Diakses pada laman https://www.detik.com/bali/pilkada/d-7523070/
Espos.news. (2024). Kritik Jokowi Bagi Bansos di Pinggir Jalan, Jusuf Kalla: Itu Langgar Aturan. dikutip pada laman https://news.espos.id/1858848
Faedlulloh, D., & Duadji, N., (2019). Birokrasi dan Hoax: Studi Upaya Menjaga Netralitas Aparatur Sipil Negara di Era Post-Truth. Jurnal Borneo Administrator, 15(3): 313-332. https://doi.org/https://doi.org/10.24258/jba.v15i3.566
Firmansyah, M. I., Rahmanto, F., Purwaningsih, T., & Rafi, M., (2021). Politik Anggaran: Alokasi Dana Bansos Pra-Pemilihan Presiden 2019 Di Indonesia Sebagai Alat Meningkatkan Elektabilitas. Jurnal Wahana Politik, 6(1), 26-36. DOI: 10.24198/jwp.v6i1.29422.
Habibi, M & Suswanta, (2019). Politics Discretionary Fund Budget of Regional Income and Expenditure Before and Election In 2015 In Samarinda City. Journal of Governance and Public Policy, 6(1), 29-42. DOI: https://doi.org/10.18196/jgpp.61106
Hamdani, U., (2022). Efektivitas Pendidikan Etika dan Kode Etik Bagi Aparatur Sipil Negara Untuk Mencegah Kecurangan. Jurnal Kediklatan 3(2): 148-162. https://pdfs.semanticscholar.org/089f/a517a6620151
Hariyono, Alfian, M. A., Pariangu, U. T. W., & Supriyadi, M., (2013). Etika Politik Tanpa Moralitas Publik. Intrans Institute, Malang, h. iii
Iskandar, J., Alfiah, Fajriah, A. N., Rahmawati, A. D., Sofiani, A., (2020). Etika Birokrat Dalam Pelayanan Publik. Jurnal DIALEKTIKA : Jurnal Ilmu Sosial, 18(3), 1-10.
Kairupan, S. B., Mokat, J. E. H., & Pakasi, K. M., (2019). Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) Pada Pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah di Kabupaten Minahasa Tahun 2018. Jurnal Administro: Jurnal Kajian Kebijakan dan Ilmu Administrasi Negara 1(1): 17-22. DOI: https://doi.org/10.53682/administro.v1i2.1665
Karjuni Dt. Maani, (2010). Etika Pelayanan Publik. Jurnal Demokrasi 9(1): 61-70. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jd/article/view/1415/
Katadata.co.id. (2024). Bansos Jadi Alat Mobilisasi Politik di Setiap Pemilu. Diakses pada laman https://katadata.co.id/berita/nasional/65c47ed60ee5f/
Kusumawardhani, Z.H.N., Amriadi, Wulandari, S., (2023). Analisis Integritas Pegawai Kantor Kelurahan Antang Kecamatan Manggala Kota Makassar. PUBLICUS: Jurnal Administrasi Publik, 1(2): 108-118.
Mustika, Y. A., Rasyidin, & Suadi, (2021). Netralitas Aparatur Sipil Negara Dalam Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Transparansi Publik, 1(1): 43-54. https://ojs.unimal.ac.id/index.php/jtp/article/view/5732/
Pariangu, U. T. W., (2020). Netralitas Aparatur Sipil Negara Dan Biropatologi Dalam Pemilihan Kepala Daerah. Journal Publicuho, 3(4): 470-479. DOI: 10.35817/jpu.v3i4.15375
Prabowoadi, I. S., & Afandi, M. (2020). Netralitas Aparatur Sipil Negara Dalam Perspektif Pemilu dan Pilkada. Jurnal Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau, 2(2): 127–146. https://doi.org/10.55108/jbk.v2i2.245
Prasetyantoko, A., Budiantoro, S., Bahagio, S., (Editor). (2012). Pembangunan Inklusif Prosfek dan Tantangan Indonesia, LP3ES Jakarta.
R. Martini, (2015). Netralitas Birokrasi Pada Pilgub Jateng 2013. Jurnal Ilmu Sosial, 14(1): 66-78. DOI: https://doi.org/10.14710/jis.14.1.2015.66-78
Rani et al., 2020, Netralitas Dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara di Provinsi Papua. JMAN jurnal Mahasiswa Administrasi Negara, 4(1): 78-89. https://jom.untidar.ac.id/index.php/jman/article/view/
Saputra, D. J., (2022). Urgensi Asas Netralitas Aparatur Sipil Negara Dalam Pemilihan Umum Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara. Civil Service 16(2): 26-42. https://jurnal.bkn.go.id/index.php/asn/
Septiani, E., (2023). Analisis Terhadap Upaya Penguatan Implementasi Kebijakan Netralitas ASN dalam Pemilu. Jurnal EBISMA (Economics, Business, Management, & Accounting) 3(1), 23-36. https://journal.ebisma.net/index.php/ojs/article/view/24/
SuaraNTB.com. (2024). Pemkab Lombok Tengah Tindaklanjuti Sanksi Tiga PNS Langgar Netralitas. Diakses pada laman https://suarantb.com/2024/07/13/
Thoha, M., (2010). Manajemen Kepegawaian Sipil di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tribun Lombok.com. (2024). Lombok Tengah Masuk Rawan Tinggi Pilkada, Pelanggaran Netralitas ASN dan Kades Tertinggi. Diakses dari laman https://lombok.tribunnews.com/2024/09/18/
Wahyuni, T., & Permadi, R., (2018). Penerapan Kode Etik Organisasi Dalam Mewujudkan Netralitas ASN. Jurnal Administrasi Publik 14(2): 151-162. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/75597534/7
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Abdul Rahman, Lalu Zaenudin, Lalu Satria Utama

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






