The Role Of Caregivers In The Formation Of The Discipline Character Of The Institution Of Domestic Government West Sumatra Campus
Kata Kunci:
pembentukan karakter, mentor, praja, IPDN, pendidikan pelayanan publikAbstrak
Penelitian ini mengeksplorasi peran mentor dalam strategi pembangunan karakter bagi praja di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sumatera Barat. Dengan menggunakan desain studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang divalidasi melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para mentor merupakan tokoh sentral dalam menegakkan disiplin dan membentuk nilai-nilai melalui bimbingan yang konsisten dan perilaku yang patut dicontoh. Terlepas dari kerangka kerja institusional, tantangan seperti kapasitas mentor yang tidak memadai dan pergeseran generasi berdampak pada efektivitas pembentukan karakter. Studi ini menyoroti perlunya memperkuat kompetensi mentor dan meningkatkan program pendidikan karakter untuk memastikan taruna mengembangkan nilai-nilai kepemimpinan dan integritas yang kuat.
Unduhan
Referensi
Abidin, H. S. (2018). JOKOWI’S INITIATIVE FOR A COMPETITION TO CUT INDONESIAN REGULATIONS: RECOMMENDATIONS AND THE ROLE OF HIGHER EDUCATION INSTITUTIONS IN INDONESIA. Yustisia, 355-375.
Agus Salim, S. M. (2024). 8. Evaluasi Program Pendidikan Karakter Pada Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran (Pip) Makassar Dengan Model Cipp. Jurnal Kependidikan, 115-128.
Alvon Cahyadi Hulu, O. H. (2024). Analisis Peran Budaya Lokal Dalam Pembentukan Budaya Organisasi(Studi Kasus Pada Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Nias Utara). Journal Of Social Science Research, 2943-2958.
Creswell, J. W. (2015). Penelitian kualitatif & desain riset: Memilih diantara lima pendekatan. Edisi 3. KOTA YOGYAKARTA: Pustaka Pelajar.
Dina Novita, A. .. (2016). PERAN ORANGTUA DALAMMENINGKATKANPERKEMBANGAN ANAKUSIA DINIDIDESA AIR PINANGKECAMATAN SIMEULUE TIMUR. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah, 22-30.
Fatmah, N. (2018). PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN. Jurnal Pemikiran Keislaman, 369-387.
HUBERMAN, A. M. (1992). Analisis data kualitatif: buku sumber tentang metode-metode baru. Banda Aceh: U.I. PRESS.
Klemensia Nini, Y. M. (2021). PERAN DAN SIKAP PENGASUH TERHADAP ANAK TUNARUNGU-WICARA DI KOMPLEKS HALIMUN BHAKTI LUHUR MALANG. JURNAL PELAYANAN PASTORAL, 31-37.
Koesoema, D. (2010). Pendidikan Karakter Integral. Jakarta: Kompas.
KURNIAWAN, F. (2020). PERANAN PROGRAM BOARDING SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 METRO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. lampung: universitas lampung.
Maryati, D. S. (2019). INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PRAJA MUSLIM MELALUI PELATIHAN MENTAL KEROHANIAN ISLAMDI IPDN JATINANGOR SUMEDANG. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 13-31.
Maryati, D. S. (2019). INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PRAJA MUSLIM MELALUI PELATIHAN MENTAL KEROHANIAN ISLAMDI IPDN JATINANGOR SUMEDANG. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 13-31.
MOELONG, L. J. (2018). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. In L. J. MOELONG, METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF (p. 410). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhadi, M. N. (2023). Manajemen Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Sampangan 01 Kota Semarang. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 2550-2561.
Muhammad Nurcholis Azis, H. A. (2024). 9. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Reward Dan Punishment Terhadap Disiplin Praja Melalui Motivasi Pada Institut Pemerintahan Dalam Negeri Kampus Sulawesi Selatan. Indonesian Journal of Business and Management, 316-324.
Mulyasa, E. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. In E. Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter (p. 12). Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa, E. (2011). Manajemen Pindidikan Karakter. In E. Mulyasa, Manajemen Pindidikan Karakter (p. 10). Jakarta: Bumi Aksara.
Pratama, D. L. (2022). Dinamika peran sosial dalam organisasi pendidikan berbasis asrama. Jurnal Pendidikan dan Kepemimpinan, 10(1), 34–47.
Robbins, S. P. (2008). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Indeks, Kelompok Gramedia.
Romi Surya Darma, A. (2020). Implementasi Tata Nilai Ketaqwaan Berdasarkan Kode Kehormatan Praja. Jurnal Administrasi Publik & Bisnis, 1-8.
Rosa, A. T. (2016). 7. Analisis Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan Berdasarkan Metode Balanced Scorecard (Bsc) & Strategi Maps (Studi R & D Di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (Ipdn) Jatinangor Provinsi Jawa Barat). Jurnal Wahana Bhakti Praja, 1-24.
Rosdiana, A. (2018). 13. Pengaruh Sistem Pembelajaran Boarding School Terhadap Pembentukan Karakter Kemandirian Peserta Didik Di Sma It Baitul Muslim Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. BANDAR LAMPUNG: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN LAMPUNG.
Rusdin Tahir, M. C. (2023). METODE PENELITIAN SUMBER DAYA MANUSIA. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Satria Wijaya, H. R. (2021). PENGEMBANGAN KOMPETENSI PENGASUH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBINAAN PRAJA SEBAGAI KADER APARATUR PEMERINTAHAN DI KAMPUS INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI JATINANGOR TAHUN 2019-2020. Visioner: Jurnal Pemerintahan Daerah di Indonesia, 299–308.
Situmorang, V. A. (2019). EVALUASI KINERJA PENGASUH DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN PRAJA DI INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI KAMPUS JATINANGOR (STUDI KASUS PENGASUH WISMA SATUAN MUDA WANITA PRAJA). Jurnal MSDA (Manajemen Sumber Daya Aparatur), 29 – 40.
Sudiatmi, S. M. (2021). TUTURAN DIREKTIF GURU DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Pendidikan Karakter, 101-116.
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode penelitian pendidikan. In N. S. Sukmadinata, Metode penelitian pendidikan (p. 45). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syukur, A. (2015). PERAN PENGASUH MEMBENTUK SIKAP SOSIO EMOSIONAL ANAK (Studi Kasus di Panti Asuhan). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1-7.
Syukur, A. (2018). PERAN PENGASUH MEMBENTUK SIKAP SOSIO EMOSIONAL ANAK (Studi Kasus di Panti Asuhan). Jurnal PG- - PAUD Trunojoyo, 1-7.
Wening, S. (2018). PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA MELALUI PENDIDIKAN NILAI. Jurnal Pendidikan Karakter, 55-66.
Yunarti, Y. (2019). PENDIDIKAN KEARAH PEMBENTUKAN KARAKTER. Jurnal Tarbawiyah, 262-278.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Toni K. Nainggolan, Dasep Suryanto

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






