IMPLEMENTASI E-KINERJA DALAM MENINGKATKAN AKUNTABILITAS PEGAWAI DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN CIAMIS

-

Penulis

  • Gina Mardiana Universitas Galuh
  • Uci Triyanti Dewi Universitas Galuh
  • Irfan Nursetiawan Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.33701/jipwp.v51i1.4603

Kata Kunci:

Kata kunci: E-Kinerja, Akuntabilitas Pegawai, BKPSDM Kabupaten Ciamis.

Abstrak

Implementasi sistem e-Kinerja merupakan langkah inovatif dalam pengelolaan kinerja pegawai di lingkungan pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi e-Kinerja dalam meningkatkan akuntabilitas pegawai di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi terhadap empat informan yang terdiri dari analis sumber daya aparatur ahli muda dan ahli pertama, dengan menggunakan pedoman wawancara, buku catatan dan perekam suara. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi e-Kinerja yang dilakukan di lingkungan kerja BKPSDM Kabupaten Ciamis telah memberikan dampak positif dalam meningkatkan efisiensi, transparansi dan akuntabilitas kinerja pegawai, meskipun keberhasilannya dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan dan kompetensi pegawai. Tantangan utama yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman tentang perkembangan teknologi di kalangan sumber daya manusia aparatur. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemahaman dan implementasi penggunaan e-Kinerja merupakan langkah penting dalam mencapai tujuan organisasi dan meningkatkan kinerja secara keseluruhan di lingkungan kerja BKPSDM Kabupaten Ciamis. Hendaknya BKPSDM Kabupaten Ciamis terus meningkatkan kompetensi teknologi pegawai melalui pelatihan berkala dan pendampingan teknis guna mengoptimalkan pemanfaatan e-Kinerja.

Kata kunci: E-Kinerja, Implementasi, Akuntabilitas Pegawai, BKPSDM Kabupaten Ciamis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abrory, M., & Kartowagiran, B. (2014). Evaluasi implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika SMP negeri kelas VII di kabupaten sleman. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 2(1), 50-59.
Aguinis, H. (2019). Performance Management For Dummies. In John Wiley & Sons, Inc. John Wiley & Sons, Inc.
Anwar, U. D. L. (2022). Analisis Kinerja pegawai pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang. (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Anwar, Y., & Budiarto, R. (2018). Implementasi Sistem E-Kinerja di Pemerintahan Daerah. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(2), 135-150.
Budiardjo, Miriam. (2008). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Dewi, A. R. (2021). Pentingnya Standar Pelayanan Publik. Diakses 01 Juli 2024, dari https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13921/Pentingnya-Standar-Pelayanan-Publik.html
Estamarinda, E., Akila, A., & Sinarti, T. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hompizz Pizza Palembang. Jurnal Manajemen dan Investasi (Manivestasi), 3(1), 69-82.
Ginting, F. F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Price Discount Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Reddoorz Near Mikie Holiday. (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI).
Haloho, S. P., Lengkong, F. D., & Pombengi, J. D. (2023). Implementasi Program Elektronik Kinerja (E-Kin) Di Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Administrasi Publik, 9(1), 84-94.
Kamal. Pengertian Akuntabilitas: Aspek, Manfaat, Tingkatan, Dimensi, dan Mekanisme. Diakses 08 Juli 2024, dari https://www.gramedia.com/literasi/akuntansi/
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (2020). Panduan Implementasi E-Kinerja bagi Pegawai Negeri Sipil. Jakarta: Kementerian PANRB.
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah BKPSDM Kabupaten Ciamis 2022.
Latifah, L., Fatmawati, F., Ilham, I., & Gafur, A. (2023). Penerapan Sistem Kinerja Berbasis E-Kinerja Pada Pemerintahan Kota Bekasi. Jurnal Administrasi Negara, 29(1), 1-19.
Lindawati, S., & Hendri, M. (2016). Penggunaan Metode Deskriptif Kualitatif Untuk Analisis Strategi Pengembangan Kepariwisataan Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara. In Seminar Nasional APTIKOM (SEMNASTIKOM), Hotel Lombok Raya Mataram (pp. 833-837).
Lompoliu, S. I., Pati, A. B., & Waworundeng, W. (2022). Implementasi Aplikasi E-Kinerja terhadap Penilaian Prestasi Kerja Aparatur Sipil Negara di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah Provinsi Sulawesi Utara. GOVERNANCE, 2(2).
Mardiasmo. (2018). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi.
Mokoagow, M., Ogotan, M., & Londa, V. (2018). Pengaruh Akuntabilitas Kerja terhadap Kualitas Pelayanan pada PT. POS Indonesia (Persero) Manado. Jurnal Administrasi Publik, 4(52).
Mulyadi, D., & Susanto, H. (2019). Peran BKPSDM dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai di Era Digital. Jurnal Manajemen Pemerintahan, 4(1), 45-60.
Navarani, E., & Farida, I. (2024). Efektivitas Penggunaan Aplikasi E-Kinerja Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Di Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kota Bandar Lampung. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 3(4), 139-149.
Noe, R. A. (2020). Employee training and development. McGraw-Hill.
Nurhayati, E. (2017). Pengaruh penerapan sistem penilaian e-kinerja dan kompetensi terhadap kinerja pegawai di kecamatan Semarang Timur melalui motivasi sebagai variabel intervening. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 79-91.
O'Flynn, J. (2021). The Oxford Handbook of Public Accountability. Oxford University Press.
Outang, N. I. F. (2022). Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil Melalui Penerapan E-Kinerja Pada Badan Kepegawaian, Pendidikan Dan Pelatihan Daerah Kota Kupang. (Doctoral dissertation, IPDN).
Owu, D. (2022). Implementasi Aplikasi E-Kinerja Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pegawai Di Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Minahasa Tenggara. (Doctoral dissertation, Institut Pemerintahan Dalam Negeri).
Permenpan RB no 6 tahun 2020 tentang Jabatan Fungsional Manggala Informatika.
Prasetya, H. I. (2022). Ragam Dimensi Akuntabilitas dan Arti Penting Memahaminya. Diakses 08 Juli 2024, dari https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-bontang/baca-artikel/15714/Ragam-Dimensi-Akuntabilitas-Dan-Arti-Penting-Memahaminya.html
Reynaldi, M. (2019). Sistem Informasi Penyewaan Dekorasi Pelaminan Adat Minang Berbasis Web Pada Nan Jombang. (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).
Schillemans, T., & Biela, J. (2020). The Palgrave Handbook of Public Accountability. Palgrave Macmillan.
Susanto, H. (2017). Tantangan Implementasi E-Government di Indonesia. Jurnal Administrasi Publik, 3(2), 200-215.
Tatang, N. P. M. (2018). Model Penerapan Kode Etik Pegawai Negeri Dalam Upaya Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai Negeri Di Kabupaten Ciamis. (Doctoral dissertation, Perpustakaan Pascasarjana).
Wahyuni, L. (2021). Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian di Kabupaten Ciamis. Tesis. Universitas Indonesia.
Wargadinata, E. (2019). Pengukuran kinerja dan akuntabilitas organisasi publik. Majalah Ilmiah Unikom, 17(1), 77-90.
Widiastuti, E. (2020). Pengaruh E-Kinerja terhadap Akuntabilitas Pegawai Negeri Sipil di Pemerintahan Daerah. Jurnal Ilmu Administrasi, 6(1), 80-95.
Widodo, J. (2016). Reformasi Birokrasi dan Inovasi Pelayanan Publik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Mardiana, G., Dewi, U. T., & Nursetiawan, I. (2025). IMPLEMENTASI E-KINERJA DALAM MENINGKATKAN AKUNTABILITAS PEGAWAI DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN CIAMIS: -. Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja, 51(1). https://doi.org/10.33701/jipwp.v51i1.4603

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama