Innovation of Population Administration Services During COVID-19 Pandemic
Abstract
Abstract
This research aims to analyze the innovation in population administration services during the COVID-19 pandemic and identify the obstacles faced by the Pekanbaru City Population and Civil Registration Service. These challenges include disruption to the server network, limited processing quotas, and a lack of public awareness regarding the innovation of the SIPENDUDUK website. The research adopts a qualitative method involving descriptive analysis, as well as data collection through interviews, observations, and documentation. The results show that innovation in the SIPENDUK Administration Services during the COVID-19 pandemic at the Pekanbaru City Population and Civil Registration Service has been successful. Meanwhile, network disruptions, limited process service quotas, and lack of socialization are obstacles to the SIPENDUDUK website as an innovation in population administration services during the pandemic.
Keywords: Innovation; Population Administration Services; COVID-19
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang bagaimana inovasi pelayanan administrasi kependudukan di masa pandemi Covid-19 serta apa saja yang menjadi kendala dalam inovasi pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru. Hal ini karena adanya gangguan terhadap jaringan server, keterbatasan kuota proses serta kurangnya sosialisasi terhadap masyarakat tentang inovasi website SIPENDUDUK. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi Pelayanan Administrasi SIPENDUDUK di Masa Pandemi Covid-19 di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru sudah berjalan dengan baik. Gangguan pada jaringan, keterbatasan kuota layanan proses dan kurangnya sosialisasi menjadi kendala pada website SIPENDUDUK sebagai inovasi pelayanan administrasi kependudukan di masa pandemi.
Kata kunci: Inovasi; Pelayanan Administrasi Kependudukan; Covid-19
Downloads
References
Arvianti, Endira & Farida, H.F. “Inovasi Sistem Pelayanan Masyarakat (SemPelMas) dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi di Kelurahan Jagalan Kecamatan Kranggan Kota Mojokerto”. Publika Vol 8, no 2 (2020)
Disdukcapil Pekanbaru. (2021). Tupoksi Dinas.Diakses pada 18 Januari 2022, dari https://disdukcapil.pekanbaru.go.id/page/40-tugas-dan-fungsi
Djamrut, D. E. (2015). Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 3(3), 1472-1486. https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2015/10/Jurnal%20DayangG%20FIX%20(10-16-15-03-00-50).pdf
Gatrik esdm. Road Map Reformasi Birokrasi. Diakses pada 25 November 2021, dari https://gatrik.esdm.go.id/assets/uploads/download_index/files/0329b-1.-road-map-reformasi-birokrasi-djk-2020-2024.pdf
Hutagalung, Simon Sumanjoyo dan Dedy Hermawan. 2018. Membangun Inovasi Pemerintah Daerah. Yogyakarta: Budi Utama.
Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif. Taman Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Maulana, W. W., Taty Sariwulan, S. E., & MSi, A. K. (2021). Pengaruh Penggunaan Sistem Akuntansi Manajemen dan Inovasi Terhadap Kinerja Unit Bisnis (Survei Pada Lima Perusahaan Sektor Jasa Transportasi di Bandung) (Doctoral dissertation, Universitas Pasundan bandung).
Mayangsari, P. I. (2013). Inovasi PT. Pos Indonesia dalam menjaga eksistensi dan daya saing pelayanan publik. Jurnal Administrasi Publik, 1(2), 248-256. http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/53
Melinda, Mona, and Muhammad Ichsan Kabullah Syamsurizaldi. "Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Online (PADUKO) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang.” Innovation of Online Population Administrative Services (PADUKO) by The Disdukcapil of Padang Panjang City." https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/34063
Nasution A.H & Hermawan Kartajaya. (2018). Inovasi. Yogyakarta: Andi.
Ombudsman. Peraturan Pelayanan Publik Saat Pandemi Covid-19. Diakses pada 24 November 2021, dari https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--aksesibilitas-pelayanan-publik-saat-pandemi-covid-19
Pekanbarukota. Jumlah Penduduk menurut Kecamatan dan Jenis Kelamin di Kota Pekanbaru (Jiwa), 2016-2020. Diakses pada 25 November 2021, dari https://pekanbarukota.bps.go.id/indicator/12/36/1/jumlah-penduduk-menurut-kecamatan-dan-jenis-kelamin-di-kota-pekanbaru.html
Riau. (2019). Kota Pekanbaru. Diakses Pada 20 Januari 2022, dari https://www.riau.go.id/home/content/4/kota-pekanbaru
Sapri, dkk. 2020. Pelayanan Publik: Implementasi dan Aktualisasi. Jawa Timur: Qiara Media.
Sipenduduk Pekanbaru. Sistem Informasi Pelayanan Terpadu Kependudukan. Diakses pada 24 November 2021, dari https://sipenduduk.pekanbaru.go.id/DaftarPelayananPerpres/index
Sitorus, Awaluddin dan Hafni Andriani Harahap. (2019). Gerakan Inovasi mendidik Karakter. Tulang Bawang Barat, Lampung:Cv Perahu litera Group.
Sisca, dkk. 2021. Manajemen Inovasi. Yayasan Kita Menulis.
Soleh, M. (2008). Analisis strategi inovasi dan dampaknya terhadap kinerja perusahaan (Studi kasus: UKM manufaktur di kota semarang) (Doctoral dissertation, program Pascasarjana Universitas Diponegoro).
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sutarno. 2012.Serba-Serbi Manajemen Bisnis.Yogyakarta: Graha Ilmu
Suwarno, Yogi. 2008. Inovasi di Sektor Publik. Jakarta : STIA-LAN Press
Suwarno, Yogi. Inovasi Di Sektor Publik, Materi DIKLATPIM TINGKAT III, LAN-RI.2014
Taufik, Tatang (2005), Pengembangan Sistem Inovasi Daerah: Perspektif Kebijakan. Tangerang: Buana Press.
Widodo, Tri. Inovasi Harga Mati. Rajawali Pers. Jakarta. 2017