ANALISIS KINERJA STRATEGI PEMASARAN USAHA KERAJINAN KETAK DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

  • H.L Ahmad Murdani Institut Pemerintahan Dalam Negeri

Abstract

Kerajinan Ketak adalah salah satu kerajinan tangan unggul lainnya di Kabupaten Lombok Tengah, sebagai salah satu penghasil pendapatan lainnya untuk Kabupaten Lombok Tengah dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di industri ini, perlu dicari cara dan strategi untuk meningkatkan kinerja. dari bisnis ini. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan metode kasus, yang bertujuan untuk mengetahui posisi kerajinan ketak di antara industri kerajinan di Lombok Tengah berdasarkan kinerja terkini dan untuk mengidentifikasi strategi alternatif yang dapat dipilih untuk meningkatkan kinerja. industri ini. Untuk mengetahui posisi bisnis kerajinan ketak, digunakan analisis BCG Agam dan berdasarkan posisi ini strategi untuk meningkatkan bisnis ini dipilih berdasarkan analisis ini, posisi bisnis ketiga berada di posisi bintang, di mana strategi alternatif yang dapat dipilih adalah: (a) pengembangan produk yang ada (ekspansi pasar untuk produk yang sudah ada); (B) diversifikasi; (c) merger horizontal. Saran yang disarankan adalah menerapkan salah satu strategi ini berdasarkan analisis yang telah dilakukan.

Published
2020-04-26
How to Cite
Murdani, H. A. (2020). ANALISIS KINERJA STRATEGI PEMASARAN USAHA KERAJINAN KETAK DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH. Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa, 3(2), 85-95. https://doi.org/10.33701/jipsk.v3i2.976
Section
Articles